Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara Seminar Internasional

Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara Seminar Internasional

*Rilis Humas Daemajaya

BANDARLAMPUNG – Data science menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam era teknologi digital saat ini untuk membuat keputusan dalam dunia bisnis.

Hal ini disampaikan Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Joko Triloka, S.Kom., M.T., Ph.D dalam International Webinar Information System Universitas Islam Nadhlatul Ulama (UNISNU) Jepara dengan topik The Role of Data Science and Big Data In Supporting Business Senin, 24-Agustus-2020.

Joko Triloka mengatakan data science sangat dibutuhkan oleh dunia bisnis. “Pemanfaatan data science untuk bisnis dapat mengembangkan kualitas produk dan pelayanan dari bisnis perusahaan,” ungkapnya.

Doktor lulusan Brunei Darussalam ini menjelaskan pengolahan data yang diperoleh menjadikan sebuah keuntungan pada stakeholder ataupun perusahaan dalam mengambil kebijakan ataupun keputusan. “Sehingga pengambilan keputusan yang dilakukan bisa digunakan atau tidak,” tuturnya.

Big data, lanjut dia, bekerja seperti halnya sebuah startup yang memiliki banyak pengguna hingga ratusan bahkan ribuan ataupun jutaan. “Pengolahan yang dilakukan juga setiap hari dengan melakukan upgrading data dari startup tersebut. Dunia usaha saat ini memanfaatkan data science untuk kepentingan promosi hingga inovasi,” imbuhnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc., mengatakan bahwa keilmuan dari pengajar IIB Darmajaya telah teruji dalam kompetensinya. “Dengan seringnya menjadi pembicara tidak hanya dalam level daerah, nasional bahkan internasional juga sebagai pengakuan atas kompetensinya,” ungkapnya.

Firman biasa dia disapa menerangkan kampus selalu mendorong untuk dosen agar dapat berbicara sebagai akademisi dari keilmuan yang dimiliki. “Tugas seorang dosen selain memberikan pengajaran kepada mahasiswa di kampus juga memberikan pengabdian ke masyarakat. Selain itu juga memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembangunan dan penelitian,” tutupnya.

Bandar Lampung Daerah Lampung Pendidikan