Masa Jabatan HS Selesai, Pemkab Tubaba Persiapkan Selter Jabatan Sekda

Masa Jabatan HS Selesai, Pemkab Tubaba Persiapkan Selter Jabatan Sekda

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

Tubaba, — Berakhirnya masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Herwan Sahri (HS) pada Rabu 02 September 2020 hari ini, rupanya Pemda Tubaba melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) setempat telah bersiap-siap untuk mengisi kekosongan jabatan orang nomor satu di Birokrasi tersebut. Rabu, 02-September-2020.

Menurut Novian Priahutama, selaku Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Tubaba Pihaknya telah usulkan Tiga nama pejabat Pemda Tubaba setempat ke bupati untuk Pelaksanaan Harian (Plh) Sekda.

“Jabatan Sekda Tubaba kan berakhir hari ini, jadi untuk penunjukan Plh maupun Seleksi Terbuka (Selter) Sekda definitif itu kewenangan Bupati, kita masih menunggu apa petunjuk Bupati,”Ungkap Novian diruang Kerjanya pada Rabu, 02-September-2020.

Selain mengajukan tiga nama untuk Plh Sekda Tubaba, Novian juga mengaku telah bersiap-siap untuk mengadakan Selter Sekda kabupaten setempat, dalam hal ini mengajukan anggaran untuk Selter tersebut.

“Sekda definitif mekanismenya harus melalui Selter, persiapan kita sudah mengajukan anggaran ke APBD Perubahan tahun ini dan dananya masih proses,”ucapnya.

Novian juga menegaskan, sesuai dengan ketentuan dan kesiapan Pemda Tubaba, sedianya Selter Sekda Tubaba dilaksanakan tahun ini juga.

“Selter Sekda seperti pada umumnya selama tiga bulan, setelah masa jabatan Sekda Tubaba ini berakhir, kita tunggu pengesahan APBD Perubahan dan apa petunjuk pak Bupati,”Tukasnya.

Meskipun Novian enggan menyebutkan siapa tiga nama yang diajukan kepada Bupati Tubaba untuk Plh Sekda, namun informasi yang santer bahwa Novriwan Jaya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tubaba ditunjuk oleh Bupati Umar Ahmad untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda kabupaten Setempat.

Hal ini juga dibenarkan oleh Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan bahwa dari tiga nama yang diusulkan oleh BKD Tubaba, Novriwan Jaya lah yang ditunjuk oleh Bupati.

“Iya, itu keputusan Pak Bupati,” Singkat Wabup Fauzi Hasan. (*)

Daerah Lampung