Sanggar Tari Binaan SMAN 01 Tuba Tengah Raih Juara Pertama

Sanggar Tari Binaan SMAN 01 Tuba Tengah Raih Juara Pertama

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

Tubaba, — Berkat keuletan dan keseriusan dalam melatih serta mengembangkan seni tari, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 01 Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berhasil meraih juara pertama Liga Tari Provinsi Lampung. Rabu, 02 September 2020.

Dalam Liga Tari yang di ikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dan digelar di Taman Budaya Kota Bandar Lampung pada tanggal 24-26 Agustus 2020 tersebut, Sanggar Buntara Budaya binaan SMAN 01 Tulangbawang Tengah Menampilkan Tari Ngurau.

Tidak sia-sia, penampilan Tari Ngurau yang di koreografi oleh
Suhendi Yopi itu berhasil menyingkirkan seluruh pesaing dari seluruh Kabupten/kota yang ada di Provinsi Lampung.

Dijumpai diruang kerjanya, Sirdin Efendi selaku Kepala sekolah SMAN 01 Tulangbawang Tengah merasa bangga atas apa yang diraih oleh Siswa/i binaannya tersebut.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, karena dampak dari apa yang telah diraih ini juga membawa nama Kabupaten Tubaba dalam bidang seni tari, semoga kemenangan ini dapat memberikan semangat bagi seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tubaba untuk terus berkarya dan meraih Prestasi” Kata Sirdin pada Rabu, 02-September-2020 sekira Pukul 11.00 WIB.

Dijelaskan Sirdin, Tari Ngurau tersebut terinspirasi dari kegiatan gadis Lampung dalam mengundang Masyarakat untuk hadir di pesta adat Masyarakat Pepadun di Tubaba.

“Gadis-gadis tersebut mengenakan kain sarung dan payung, untuk pergi ke Rumah-rumah mengundang masyarakat untuk hadir dalam pesta adat disebuah perkawinan, dan kegiatan itu tetap dilestarikan hingga saat ini,”Jelasnya.

Lebih lanjut, Sirdin mengutarakan, Tari Ngurau itu juga menggambarkan tentang ketulusan dan kegembiraan gadis Lampung dalam menyampaikan undangan kepada masyarakat untuk menghadiri acara pernikahan adat Pepadun.

“Lebih meriah dan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu yakni kehadiran Rhato dan Burung Garuda (Kereta Kencana), karena itu menambah megah dan sakralnya acara Adat.” Pungkasnya.

Tari Ngurau tersebut, dibawakan oleh Lima Siswi perwakilan dari SMAN 01 Tulangbawang Tengah diantaranya, Putri khoirina, Tariza Ariska, Septia Wulandari, Nina Nailatul Muna, dan Anis Saputri. (*)

Daerah Lampung