Soal Dugaan Pungli di SMPN 01 Gunung Agung, Sikap Disdik Tubaba Membingungkan

Soal Dugaan Pungli di SMPN 01 Gunung Agung, Sikap Disdik Tubaba Membingungkan

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

Tubaba — Terkait adanya dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Gunung Agung Kebupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Dinas Pendidikan setempat terkesan tidak berani menindak tegas atas apa yang dilakukan pihak Sekolahan. Senin, 07 September 2020.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan hasil keterangan yang didapat dari Wali Murid, Pihak SMPN 01 Gunung Agung diduga melakukan pungli berkedok sumbangan untuk pembuatan pagar di Sekolahan kepada Siswa/i dengan bayaran yang sudah ditentukan sebesar Dua ratus ribu per/siswa/i.

Bahkan tidak Tanggung-tanggung, termasuk Lembar Kerja Siswa (LKS) yang seyogyanya tidak diperbolehkan dijual belikan, malah di Sekolahan tersebut setiap Siswa/i harus mengeluarkan dana sebesar 10-12 ribu per mata pelajaran.

Uniknya lagi, meskipun Kepsek SMPN 01 Gunung Agung sudah mengakui hal tersebut, namun pihak Disdik Tubaba seakan tidak berdaya saat Kepsek itu menyebutkan bahwa tindakan yang mereka lakukan berdasarkan kesepakatan.

Baca Berita sebelumnya:

Berdalih Sudah Disepakati, SMPN 01 di Tubaba Ini Diduga Bebani Siswa/i

Sementara Budiman Jaya, Selaku Kadis Pendidikan Tubaba saat dijumpai diruang kerjanya seakan enggan berkomentar banyak.

“Soal adanya dugaan pungli itu, kita akan liat, kalau memang benar ada pelanggaran maka kita akan bertindak, namun tentunya akan kita selidiki terlebih dahulu.”Ungkap sang Kadis Pendidikan Tubaba pada Senin, 07-September-2020 sekira Pukul 11.00 WIB. (*)

Daerah Lampung