Dosen IIB Darmajaya Latih UMKM Buat Desain Promosi dan Riset Pasar

*Rilis Humas Darmajaya

BANDARLAMPUNG – Peserta pelatihan Riset Kompetitor dan Content Marketing senang atas ilmu yang diberikan Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam pengabdian masyarakat terhadap Koperasi Sai Sakai Sambayan.
Hal ini disampaikan Fidyatini selaku perwakilan peserta usai menerima pelatihan pada Jumat dan Minggu (25 dan 27 September 2020). Adapun terdapat lima dosen yang menjalani pengabdian masyarakat tersebut yakni M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M., Niken Paramitasari, S.E., M.M., Dr. Muhammad Said Hasibuan, S.Kom., M.Kom., Nurfiana, S.Kom., M.Kom., dan Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M.

Fidyatini mengucapkan terima kasih atas pengetahuan yang diberikan oleh tim Dosen IIB Darmajaya. “Terima kasih kepada Pak Ariza dan tim atas ilmu-ilmunya yang sangat bermanfaat. Kami sudah mengetahui cara membuat konten yang baik,” ungkap Sekretaris koperasi yang kerap disapa bu Fitdy.

Menurutnya dengan mengikuti pelatihan ini, dapat menghilangkan kegagapan dalam teknologi dan kini telah mampu membuat desain untuk memasarkan produknya. “Kita juga bisa membuat desain. Konten-konten yang diajarkan itu sangat menunjang untuk pembuatan promosi produk kami dan harapannya dapat meningkatkan penjualan,” ujarnya.

Narasumber pelatihan, M. Ariza Eka Yusendra, mengatakan selama dua hari kemarin materi diberikan untuk melihat strategi apa yang telah kompetitor lakukan, apa yang berhasil, serta strategi apa yang gagal, sehingga UMKM dapat belajar menganalisis untuk mencari peluang bagi usahanya. “Memperhatikan juga apa yang sedang menjadi trend, misalnya selera konsumen atau kemunculan kategori produk baru dengan membaca trend dan memahami kompetitor melalui tracking di internet,” ungkapnya.

Dengan demikian akan dapat mengetahui berapa data pengunjung atau konsumen tertinggi dari sumber media sosial atau media lainnya. “Peserta juga diajarkan membuat content marketing yang menarik untuk menggaet konsumen. Seperti konten yang bersifat menghibur, mendidik, solutif, informatif, dan lainnya,” terangnya.

Sementara Niken Paramitasari, Ketua Program Pengabdian menambahkan terdapat hal-hal penting dalam menulis konten yang diberikan sehingga desain promosi lebih menarik dan menjual. “Peserta langsung melakukan praktik pembuatan desain banner untuk promosi produknya dengan menggunakan beberapa aplikasi, seperti canva agar UMKM bisa membuat desain materi promosi secara mandiri,” ujarnya.

Diakhir acara, peserta diminta untuk membuat 3 desain promosi produknya berupa banner ataupun video dengan menggunakan aplikasi yang ada. “Pelatihan ini juga lanjutan dari pelatihan digital marketing sebelumnya dan berkelanjutan dengan materi-materi lainnya hingga beberapa minggu ke depan dengan harapan UMKM dapat tetap bertahan dalam pandemi Covid-19 ini,” tutupnya. (**)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *