Pilkati Serentak di Tubaba Akan Dilaksanakan Pada 16 Desember 2020 Mendatang

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

TUBABA ,– Menyikapi simpang siurnya tentang penetapan Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak Tahun 2020 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten setempat pastikan bahwa Pilkati serentak akan dilaksanakan pada Bulan Desember 2020 mendatang.

Dihubungi melalui Via Telpon, Mansyur selaku Kepala Tapem Pemkab Tubaba, dirinya juga kaget melihat adanya pemberitaan bahwa Pilkati Tahun 2020 di Kabupaten Tubaba ditunda.

“Dalam Rapat pembahasan lanjutan tahapan Pilkati serentak yang dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Tubaba Agus Subagyo di Ruang Rapat Bupati kemarin, sudah ditentukan bahwa Pilkati serentak di Kabupaten Tubaba akan dilaksanakan pada Tanggal 16 Desember 2020,

Diakui Mansyur, memang benar, sebelumnya berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri R.I Nomor: 141/2577/SJ tanggal 24 Maret 2020 perihal penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dan pemilihan kepala desa antar waktu dalam rangka menghambat penyebaran wabah Coronavirus Disease (covid 19).

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka pelaksanaan Pilkati serentak Tahun 2020 di Kabupaten Tubaba sempat ditunda, dan dijadwal lanjutan akan dimulai dari tanggal 13 Oktober sampai dengan Januari 2021,”Jelasnya.

Tahapan lanjutan Pilkati tersebut, Lanjut Mansyur, berdasarkan SK Bupati Tulang Bawang Barat Nomor: B/207/I.0I/HK/TUBABA/2020 tanggal 17 September 2020 tentang penetapan perubahan jadwal dan tahapan Pilkati serentak di Kabupaten Tubaba Tahun 2020.

“Berdasarkan SK Bupati tersebut maka Rapat pembahasan lanjutan Pilkati dilaksanakan Kemarin, dan mendapatkan keputusan kalau Pilkati Serentak yang akan dilaksanakan oleh Lima Tiyuh yang ada di Kabupaten Tubaba ditetapkan pada Tanggal 16 Desember 2020, dan dalam Pilkati tersebut nantinya tetap harus mematuhi Protokol kesehatan yang sudah ditentukan,”Imbuhnya.

Sekedar meluruskan, diketahui bahwa kelima tiyuh di Tiga kecamatan Kabupaten Tubaba yang akan melaksanan Pilkati diantaranya, Tiyuh Penumangan Baru, Tiyuh Panaragan, Tiyuh Mulya Kencana, Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, dan Tiyuh Bangun jaya. (*)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *