DLH Lampura Benahi TPS, Warga Diminta Buang Sampah Pada Tempatnya

DLH Lampura Benahi TPS, Warga Diminta Buang Sampah Pada Tempatnya

*Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara, tengah fokus merapihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Hal itu ditujukan agar tercipta kota yang bersih dan rapih sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Kepala DLH Lampura Tomy Suciadi menyatakan, saat ini pihaknya sudah berbuat untuk masyarakat dengan merapihkan TPS yang ada. Sebab dengan rapihnya TPS sampah-sampah tidak akan bertaburan ke luar dan berserakan di jalan.

“Untuk itu kita tidak bosan untuk menghimbau ke masyarakat agar membuang sampah di tempat yang sudah kita sediakan. Saat ini kita tengah fokus untuk merapihkan TPS-TPS yang ada,”ujar Tomy Suciadi saat diwawancarai Awak Media, Selasa 6 Oktober 2020.

Ia juga meminta kepada para petugas (swasta) yang membawa Bentor dalam mengangkut sampah untuk membuang sampah ke dalam TPS bukan ke badan jalan. Sebab pihaknya sering menemukan ada beberapa Bentor yang mengangkut sampah secara mandiri itu membuang sampah di badan jalan.
Bahkan ada juga mereka yang membuang sampah di aliran sungai, ini tidak diperbolehkan. “Kalau berserakan di jalan kan bisa mengganggu lalu lintas. Kalau itu sampah rumah tangga, berair tentu bisa menimbulkan kecelakaan. Untuk itu kita minta agar semua mematuhi aturan yang ada. Dengan bersihnya lingkungan udara pun ikut bersih dan masyarakat menjadi sehat,” himbaunya.

Ke depan tambah Tomy, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan para Camat.
Sehingga para Camat bisa memantau kebersihan sampah melalui Lurah/Kades hingga ke tingkat RT/LK.

Saat ini pihaknya sedang merapihkan TPS yang ada di komi Kelurahan Kotabumi Ilir.
Sebab di TPS Komi terlihat sampah sudah sampai ke badan jalan dan ketika sudah diangkut petugas masih saja ada Masyarakat yang membuang sampah tidak di dalam TPS.
Jumlah TPS sendiri di Lampura ada 70 terbagi di tiga kecamatan.

Kecamatan Kotabumi 27 TPS, Kotabumi Selatan 40 TPS dan Kecamatan Abung Selatan 3 TPS.
Dengan jenis TPS Komunal Pasang Bata sebanyak 46 unit dan TPS Kontainer 24 unit. “Saya berharap setelah dirapihkan Masyarakat bisa membuang sampah di dalam TPS dan tidak ada yang membuang sembarangan atau di badan jalan,” harapnya.

Daerah Lampung