Mahasiswa Darmajaya Kembangkan Aplikasi Panduan-Pencarian Paket Haji-Umroh

*Rilis Humas Darmajaya

BANDAR LAMPUNG – Seluruh umat muslim di Indonesia bahkan di dunia mengharapkan kesempurnaan ibadah kepada Allah SWT dengan melaksanakan 5 Rukun Islam, salah satunya Ibadah Haji bagi yang Mampu. Umat Muslim pun mengharapkan adanya kemudahan dalam menjalankan ibdah tersebut dengan mudah dan lancar.
Hal inilah menjadi salah satu alasan mahasiswa semester akhir Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Ahmad Riansyah mengambil skripsi tentang Panduan Lengkap dan Pencarian Paket Haji dan Umroh Mabrurku berbasis android untuk mengembangkan media online secara gratis.

Penelitian yang dilakukannya telah selesai dan saat ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Lampung melalui playstore. Mabrurku berbasis android ini memiliki beberapa fitur yaitu, paket haji, paket umroh, panduan, news, artikel dan tentang ilmu pengetahuan agama lainnya.

“Alhamdulillah telah rilis aplikasi Mabrurku diplaystore yang sebelumnya telah saya ajukan sebagai bahan penelitian dalam skripsi saya. Insya Allah kedepannya akan menyediakan berbagai materi atau panduan dalam bentuk animasi dan video, saya sangat berharap suffort dari semua kalangan terutama dari kampus IIB Darmajaya untuk mengembangkan lebih aplikasi Mabrurku ini,” kata Ahmad Riansyah.

Rian biasa dia dipanggil melanjutkan, penelitian telah dilaksanakan selama 3 bulan. Dimana bulan pertama dan kedua dibuat rancang bangun dan model analisis sistem aplikasi Mabrurku media ajar online serta ketersediaan data material media ajarnya, serta pencarian paket haji dan umrah. Kemudian bulan ketiga, membuat dan mempublish aplikasi Mabrurku ini.

“Rencananya dalam pengembangan aplikasi media panduan online dan pencarian paket haji dan umrah ini, kami akan bekerjasama dengan lebih banyak lagi kepada biro travel yang sebelumnya hanya dua biro travel yang terhubung. Sehingga kedepannya tersebut dapat bermanfaat untuk menunjukan lebih banyak pilihan yang ditawarkan oleh Mabrurku,” kata dia.

Mahasiswa penerima beasiswa Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI ini melanjutkan sangat berterima kasih kepada seluruh teman-teman dan seluruh sivitas akademika yang mendukungnya, terutama pember beasiswa YBM BRI selama menjalani kuliah.

“Rencananya dalam pengembangan aplikasi media panduan online dan pencarian paket haji dan umrah ini, saya akan bekerjasama dengan lebih banyak biro travel yang sebelumnya hanya dua biro travel,” kata mahasiswa yang sudah menempuh ujian skripsi 28 September 2020 lalu. (**)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *