Melintas Dijalan Dekat Salah Satu Ikon Tubaba “Harus Hati-hati”

Melintas Dijalan Dekat Salah Satu Ikon Tubaba “Harus Hati-hati”

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

TUBABA — Warga Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) hingga wisatawan yang hendak berwisata ke kabupaten setempat khususnya yang keluar dari Gerbang Tol Menggala-Penumangan diminta untuk berhati-hati saat hendak ke Tugu Megou Pak (Marga Empat) tepatnya ditikungan Liter S Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah. Kamis, 15-Oktober-2020.

Hal tersebut bukan tidak beralasan, sebab, tidak jauh dari salah satu Icon Tubaba itu terdapat jalan berlubang menganga yang hampir 1/4 badan jalan dan kedalamannya mencapai dua meter.

Berdasarkan informasi dan fakta yang terjadi di lapangan, lubang menganga itu sudah cukup lama dan belum pernah diperbaiki, padahal jalan tersebut hampir setiap hari dilalui oleh Warga baik yang berasal dari Tubaba ataupun dari kabupaten luar, bahkan mirisnya lagi, baik petinggi dari Pemkab Tubaba beserta jajarannya hingga Anggota Legislatif (Aleg) Daerah setempat pun ikut menikmati pemandangan yang berbahaya juga.

Mansyah, salah satu pengendara motor yang melintas dijalan tersebut mengatakan, lobang menganga itu berada pas di tikungan dekat dengan Patung Empat Marga Kabupaten Tubaba yang sudah lama dan terkesan dibiarkan oleh pihak terkait.

“Jalanan tersebut menikung, namun pas sisi kiri jalan tikungan itu (arah dari Kantor Pemda Tubaba ke Tugu Marga Empat), terdapat lubang yang menganga besar, kalau kita tidak tahu bisa terperosok masuk kedalam lobang itu,” terangnya Mansyah, pada Kamis, 15-Oktober-2020.

Yang sangat di khawatirkan dan menjadi keresahan pengendara saat mengendarai mobil pada malam hari.

“Lebih ngeri lagi pada waktu malam hari mas, pas kita akan menikung di jalan tersebut tiba-tiba ada mobil dari lawan arah yang berpapasan, kalau selip sedikit saja, simalakama jadinya, sebab kita mengambil arah kanan dikit kita bisa tabrakan, kalau kita tidak mengambil sisi kanan dikit kita bisa terperosok masuk ke lubang tersebut,” Keluh Mansyah.

Senada dengan yang disampai Ali, salah satu pengendara Mobil, dirinya berharap kepada pihak yang terkait atau yang membidangi dan Satuan Lalulintas Polres Tubaba bisa memberikan peringatan (Rambu-rambu) mengingat di titik tersebut tidak ada penerangan jalan atau Rambu-rambu tanda bahanya yang dipasang.

“Paling tidak Satlantas Polres Tubaba harus peka atas lobang yang menganga itu, sebab untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, karena saat melintasi tikungan itu khususnya Kendaraan Roda 4 atau lebih, kalau tidak ekstra Hati-hati atau ada yang mengalah bisa terjadi kecelakaan, ya kalau tidak tabrakan pasti ada salah satu mobil yang masuk ke lubang tersebut.” Pungkasnya. (*).

Daerah Lampung