Moment Kegiatan Pemkab Tubaba Ini Memiliki Sejarah Bagi Turis Asal Rusia

* Laporan: Wardi Saputra

Inspiratif.co.id, Tubaba, – Dalam rangka kegiatan Megalithic Millenium Art, Bupati Tulangbawang barat (Tubaba) Umar Ahmad bersama seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-kabupaten setempat menggelar Tour ke sejumlah Tiyuh (Desa) bersejarah dikabupaten setempat. Sabtu, 25 Januari 2020.

Mengawali Tour tersebut Bupati Tubaba menuju Tiyuh Pagar Dewa, Kecamatan Pagar dewa dan dilanjutkan ke Tiyuh Gunung katun Tanjungan Kecamatan Tulangbawang Udik dengan mengajak Wisatawan dari 11 budayawan dari berbagai penjuru dunia di Tiga benua besar yakni Asia, Amerika dan Eropa.

Pada dasarnya, dalam kegiatan Tour tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dalam potensi Tiyuh tujuan atau situsnya di Kabupaten Tubaba Sekaligus memperkenalkan keragaman dan sejarah dikabupaten Tubaba kepada wisatawan asing.

 

Namun menariknya, dalam moment Tour ke Tiyuh Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa tersebut, satu wisatawan asing asal Rusia, Moris Sakhaia mengikrarkan dua Kalimat Syahadat untuk menjadi mualaf masuk Agama Islam saat berziarah ke Makam pahlawan Islam Minak Pati Pejurit dengan gelar Minak Kemala Bumi yang disaksikan langsung oleh Bupati Tubaba Umar ahmad.Sp dan diwalikan oleh Hermani.SP Ketua Federasi Adat Megou Pak Tulangbawang.

Hermani.SP Tokoh Adat Megou Pak Tulangbawang merasa Bangga bisa menjadi Wali Moris Sakhaia menjadi Mualaf serta terharu atas adanya Moment bersejarah tersebut, Karena menurutnya ini menjadi catatan sejarah bagi Tiyuh Pagar Dewa.

“Semoga Hidayah yang diberikan oleh Allah SWT kepada Moris Sakhaia ini dapat menjadi pedoman, pembimbing bagi kehidupannya dan dapat menjadi pedoman bagi kita semua,”Ucap Hermani.SP yang diamini Damiri. MS selaku Ketua Federasi Adat Tegamo’an Tiyuh Pagar Dewa pada Sabtu, 25 Januari 2020 sekira Pukul 11.00 WIB.

Ditempat yang sama, Camat Kecamatan Pagar Dewa Eriko Fernando menuturkan, Ikrar Dua kalimat syahadat yang diucapkan oleh Moris Sakhaia tidak ada dalam schedule kegiatan Bupati Tubaba Umar Ahmad beserta rombongan turis Mancanegara dalam kegiatan Megalithic Millenium Art dan kunjungan ke Tiyuh Pagar Dewa.

“Ini tentunya hidayah bagi Moris Sakhaia, karena memang tidak ada dalam agenda kegiatan. Kami sangat terharu, dan yang pastinya baru kali pertama Turis yang menyatakan untuk memeluk agama Islam di Makam Wali Allah di Pagar Dewa ini, keterkejutan ini bukan hanya saya, semua peserta yang hadir baik Bupati maupun seluruh peserta yang hadir juga terkejut setelah mendengar Moris Sakhaia untuk menjadi Mualaf.”Pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: