Redam Penyebaran Covid-19, Pemerintah Pesan Jutaan Klorokuin dan Avigan

* Editor : Tim Redaksi

JAKARTA — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyatakan pemerintah telah obat bagi para pasien yang positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil riset dan pengalaman dari beberapa negara dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Jokowi juga telah meminta perusahaan dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang farmasi, untuk memperbanyak obat tersebut.

Baca Juga :

Pemerintah Anggarkan Rp6,1 T Untuk Tenaga Medis Melawan Corona

“Ya pertama antivirus sampai sekarang belum ditemukan, tapi ada beberapa obat yang dicoba di 1, 2, 3 negara yang memberi kesembuhan,” kata Jokowi melalui video teleconference di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 20-Maret-2020.

Presiden mengatakan, obat Covid-19 tersebut akan sampai ke pasien melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi covid-19.

Selain itu, pemerintah juga memastikan juga telah menyiapkan penambahan kapasitas rumah sakit untuk rujukam bagi penanganan corona baik dari sisi ruang, kapasitas, dan SDM.

“Rumah Sakit TNI, Polri, dan BUMN di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai rumah sakit Covid-19. Rumah sakit swasta juga akan diajak serta berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya,” jelasnya.

Jokowi menegaskan dirinya akan menggerakkan semua kekuatan pemerintah, kekuatan negara, da kekuatan segenap bangsa untuk mengatasi kesulitan yang timbul sebagai dampak Covid-19 tersebut.

“Ini baik permasalahan kesehatan dan sosial ekonomi yang mengikutinya,” kata Jokowi.

Adapun obat yang dimaksud adalah avigan dan klorokuin. Obat tersebut, menurutnya, sudah dipesan dalam jumlah besar.

“Obat avigan kita telah mendatangkan 5.000 akan kita coba dan kita dalam proses pemesanan 2 juta, kemudian klorokuin kita siap 3 juta, kecepatan ini yang ingin kita sampaikan bahwa kita tidak diam,” ucap Jokowi. (oke/dtk/kdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: