DINAMIKA SEBUAH PROFESI DITUNTUT PROFESIONAL DAN OPERASIONAL

* Oleh : Ahmad Razak, Akademisi dan Da’i tinggal di Kota Makassar

DIERA teknologi seperti sekarang ini media online semakin berkembang dengan pesat di dalam menyuguhkan sebuah informasi, dan peristiwa kepada masyarakat.

Media memiliki pengaruh dan daya persuasi yang sangat kuat bagi masyarakat. Tulisan atau peristiwa yang diberitakan sudah barang tentu dapat mempengaruhi opini, persepsi, sikap dan perilaku masyarakat. Harus diakui bahwa berita online memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat karena dapat memberikan informasi yang sangat cepat.

Diera kebebasan seperti sekarang ini media selain dilindungi oleh undang-undang kebebasan pers juga sangat didukung oleh teknologi informasi yang semakin canggih, sehingga media bisa dengan cepat dapat membangun opini, namun pada sisi lain jika informasi yang diliput kurang akurat maka dengan cepat pula dapat menyesatkan opini masyarakat sehingga dapat menimbulkan gejolak baik secara personal maupun social.

BACA JUGA : Rampok Gasak Uang Arisan Di Mesuji

Oleh karena itu disinilah dituntut sebuah profesionalitas dan sekaligus operasional dalam menjalankan pekerjaan agar pekerjaan itu terukur dan akurat dalam pelaksanaannya/penyampaiannya.

Dalam berbagai pendapat dijelaskan bahwa profesional adalah keahlian atau kepakaran seseorang dalam dunia pekerjaan yang digeluti dengan segala kompetensi yang dimilikinya. Sedangkan operasional adalah suatu standar yang dapat dijadikan acuan dalam membangun suatu konstruk, tindakan, agar tindakan tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA : Terkait Jaringan Irigasi, Dinas PUPR Dan DPRD Tubaba Beda Penilaian

Terlepas dari polemik yang terjadi saat ini atas kasus penahanan seorang jurnalis online, perlu disadari bahwa betapa besar dampak psikologis dan social yang ditimbulkan sebuah pemberitaan. Sehingga Kompetensi personality (kepribadian) dari setiap jurnalis sangat penting adanya.

Bagi penulis jurnalis adalah pekerjaan yang sangat mulia karena mengemban salah satu misi kenabian yaitu pembawah risalah dan pembawa berita yang baik dan benar dalam rangka membangun kedamaian dan kepentingan bersama. Semoga polemik ini dapat segera clear dan tertangani dengan baik.

* Tulisan ini dikirim melalui Wartawan Inspiratif.co.id, Kota Makassar, Dadang Mas Bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: