Penyakit Langganan Tiap Tahun Kembali Menyerang Warga Penumangan Tubaba

* Laporan: Wardi Saputra

Inspiratif.co.id, Tubaba,–Pasca datangnya musim Hujan Yang Terjadi Akhir-akhir ini, mengakibatkan banyak bermunculan penyakit, salah satunya seperti penyakit yang bisa dibilang merupakan penyakit langganan tiap Tahun terjadi di Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yakni penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Selasa, 28 Januari 2020.

Dari Tahun-tahun sebelumnya, memang bisa dipastikan selalu ada Warga Tiyuh Penumangan yang terkena Penyakit DBD dan hal serupa juga terjadi diawal Tahun 2020 ini, diketahui Jasmin (45) Warga Tiyuh setempat sempat dirawat di RSUD Tubaba akibat terkena DBD.

Dalam kurun waktu yang tidak lama, kini Yodi warga lainnya juga mendadak dilarikan ke salah satu klinik yang ada di Tiyuh margo kencana Kecamatan Tulangbawang Udik Kabupaten setempat untuk dilakukan cek darah dan dari hasil diagnosanya terkena gejala DBD.

Menurut Yulina orangtua Yodi, dirinya baru saja menerima hasil uji Laboratorium dari sampel darah anaknya dengan hasil positif terserang nyamuk Aedes Aegypti yang mengakibatkan anaknya tersebut terkena Gejala DBD.

“Iya benar, saya baru saja terima hasil uji Laboratorium dari pihak klinik Pak Pur di Tiyuh Margo dan ternyata anak saya positif kena DBD karena terlihat Trombositnya menurun kata dokternya.”Ucap Yulina Saat ditemui di RSUD Tubaba pada Selasa, 28 Januari 2020 Sore.

Saran dari pihak klinik Lanjut Yulina, Agar Anaknya tersebut dirawat di Rumah Sakit, mengingat penyakit yang diderita cukup berbahaya.

“Makanya kami pulang dari klinik Pak Pur Kemarin langsung ke rumah sakit ini supaya anak saya bisa dirawat secara maksimal.”Terangnya.

Ditempat yang sama, Dedi Irawan Kabiro Media Siber Lensalampung.com Kabupaten Tubaba yang merupakan kakak dari Yodi meminta agar Pemkab setempat melalui Dinas terkait segera mengambil tindakan agar penyakit mematikan itu tidak menyerang ke Warga lain.

“Saya mewakili Warga Tiyuh Penumangan meminta Pihak terkait agar bisa melakukan Fogging agar nyamuk penyebab Penyakit mematikan itu tidak berkembang biak, ada baiknya dilakukan secepatnya sebelum Penyakit itu menyebar kemana-mana, sebab lebih baik mencegah daripada korban semakin bertambah.”Pinta Dedi.

Lebih lanjut Dedi Juga meminta Kepada Dinas terkait agar mencari solusi untuk mencegah penyakit Tahunan di Tiyuh Penumangan tersebut.

“Apa sebenarnya penyebab Penyakit itu selalu ada di Tiyuh Penumangan, apakah mungkin tidak ada solusi untuk mencegahnya, jadi harapan kami agar segera bisa ditemukan solusi terkait penyakit mematikan itu.”Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: